Senin, 07 Juni 2010

DAFTAR ISTILAH DALAM SOFTWARE



Berikut istilah-istilah yang sering kita jumpai dalam instalasi software atau dalam software.
ASSISTANT
Merupakan pengembangan dari bagian 'help' pada program. Namun assistant lebih bersifat interaktif dan mudah dimengerti daripada sekedar 'help'.
contoh yang paling sering ditemui ialah Microsoft Office Assistant 'Clipit'
ATTACHMENT
Disebut juga appendix. Merupakan file yang disertakan pada pengiriman sebuah email, terlihat pada tampilan berupa lambang paper clip di bagian atas email tersebut.
AUTOSTART
Merupakan fungsi Windows untuk menjalankan suatu program atau membuka suatu file secara otomatis menjalankanya.
BACKUP
Sebuah Backup adalah data yang di 'amankan' yang berfungsi sebagai cadangan bila data utama mengalami kerusakan. biasanya disimpan dalam CD tertentu. Contohnya ketika memasukan CD Audio, maka Windows akan secara ototmatis menjalankannya.
Boot-process, -Menu. -Disk
Proses booting merupakansalah satu proses terpenting dimana PC Melakukan proses dasar menghitung RAM dan kemudian memuat sistem operasi. Bila dalam satu PC terdapat beberapa sistem opersai maka pada permulaan akan di tampilkan Boot-Menu. Boot-Disk diperlukan pada saat sistem anda mengalami masalah.
BROWSER
Atau Biasa disebut Web-Browser, merupakan program yang anda gunakan untuk berselancar di internet. Contoh program ini adalah internet Explorer dan Netscape Navigator.
BUGS
Berarti kesalahan atau kelemahan yang disebabkan karena kesalahan dalam melakukan pemrograman. Ketika akan melakukan perbaikan program, biasa disebut Debugging. istilah ni bermula dari ketika komputer dan server yang banyak ditinggali oleh binatang-binatang kecil dan salah satunya ialah kumbang (Bugs).
CRACKER
Seorang cracker ialah orang yang merusak proteksi pada program yang terkunci hak cipta, untuk dapat digunakan tanpa membayar. Tindakan ini sangat melanggar undang-undang hak cipta.
CURSOR
Merupakan penunjuk pada layar monitor yang dapat dikendalikan melalui mouse maupun keyboard. Digunakan untuk menunjuk dan berpindah posisi pada monitor.
COMPRESSION
Tujuannya adalah memadatkan file sehingga menghemat tempat pad disk dengan membuang informasi yang tidak perlu. Contoh : Kompresi gambar menjadi JPEG atau kompresi file audio menjadi mp3.
CONTEXT MENU
Dengan Menggunakan Context Menu akan dapat memudahkan pekerjaan karena tidak perlu lagi menjangkau menu pada title bar diatas. Anda cukup Melakukan klik kanan pada file yang bersangkutan untuk dapat menemukan pilihan manipulasi terhadap file tersebut.
DATA
Merupakan Kumpulan Informasi yang dibuat berbentuk sebuah file dengan Extension tertentu, biasanya file data hanya dapat dibuka oleh program tertentu saja. Contoh : file teks tang berekstensi .doc akan dapat dibuka dengan program Microsoft Word.
DATA BASE
Berupa kumpulan data-data sejenis yang disimpan menjadi satu menggunakan suatu program dan biasanya diproteksi agar tidak dapat dibuka oleh orang-orang yang tidak berkepentingan.
DEKSTOP
Tampilan awal yang muncul pada monitor anda setelah masuk ke Windows itulah yang disebut Dekstop. Dari sini anda dapat melakukan berbagai pekerjaan dan mengontrol semua fungsi Windows.
DIALOG-WINDOW
Jika suatu program membutuhkan informasi atau konfirmasi dari anda sebagai pengguna maka Windows akan memunculkan jendela konfirmasi. Dialog-Window dibuat interaktif dan akan memberikan pilhan kepada anda untuk melakukan segala sesuatunya.
DRAG AND DROP
Teknologi yang memungkinkan untuk memindahkan atau meng-copy file hanya dengan bantuan mouse. untuk meng-copy file klik dan tahan tombol kiri mouse,tarik file ke lokasi yang di tuju lalu lepas tombol kiri tadi.
DRIVER
Driver merupakan sarana agar Hardware software dapat berkomunikasi. Program ini memungkinkan software-software lain untuk dapat menggunakan monitor,mouse, printer, dan berbagai alat komputer lain.
FREE-WARE
Sebuah program yang dapat anda gunakan secara gratis adalah free-ware, walau demikian tentunya anda tetap harus menghormati hak serta persyaratan yang di tetapkan pembuat program. sedangkan shareware mirip dengan freeware, namun setelah batas waktu tertentu anda perlu melakukan registrasi untuk dapat terus menggunakan program tersebut.
HACKER
Seseorang disebut hacker bila melakukan akses terhadap suatu komputer
ICONS
Gambar kecil ini merupakan suatu simbol dari suatu program atau suatu perintah dalam komputer. Melalaui sebuah icon anda dapat menjalankan suatu perintah komputer semudah menekan tombol.
IMPORT
Fungsi import memungkinkan file untuk diubah menjadi format yang dimengerti oleh sebuah program. Kebalikannya program tersebut juga dapat menyimpan file dengan format yang berbeda dari format filenya sendiri bila program tersebut memiliki fungsi Exsport.
INSTALATION
Disebut juga setup, proses copy program ke dalam hardisk. Dalam proses peng-copy-an itu sendiri program menjadi bagian dari sistem operasi komputer anda dan melakukan penyesuaian yang diperlukan agar program dapat berjalan lancar.
LICENCE
Anda dapat mendapatkannya keika membeli suatu software. Normalnya suatu lisensi berlaku bagi satu orang namun ada juga hak lisensi yang berlaku bagi sekelompok pengguna sekaligus.
MACRO
Fungsi ini akan sangat berguna bagi anda yang sering melakukan pekerjaan rutin dengan urutan yang selalu sama. Fungsi makro akan merekam ketika anda melakukannya, dan bila kemudian perlu melakukan hal yang sama anda tinggal menjalankan macro-nya saja.
OEM
Singkatan dari "Original Equipment Manufacturer". Bila anda membeli komputer dan di dalamnya telah terinstal program-program resmi, maka basanya program-program ini merupakan program OEM. Bedanya program OEM biasanya terbatas pada fungsi-fungsi utama dari program itu sendiri.
OLE
Merupakan singkatan dari "Object Linking and Embedding". Maksudnya dua objek yang berbeda dapat disatukan tanpa kehilangan hubungan dengan bagian aslinya. Contohnya : Tabel Excel dapat disatukan dengan dokumen word. Keuntungannya bila tabel Excel itu di update dari program Excel maka tabel pada Word akan turut berubah dan ukuran file word itu relatif lebih kecil karena tidak perlu meng-import tabel.
OS
Singkatan dari Operating System (Sistem Operasi), merupakan pusat dari suatu PC. Melalui sistem operasi semua hardware dapat dikontrol dan juga merupakan landasan bagi kerja semua software lain. Selain Windows masih ada beberapa OS lain yang populer seperti DOS, Unix, Linux, Mac OS, dan OS/2 Warp.
PATH
Sebuah path menyatakan 'alamat' dimana sebuah file tesimpan. Dibagian awal berisi drive dan kemudian diikiti dengan sub-sub folder dimana suatu file tersimpan.
PLUG-IN
Sebuah plug-in Merupakan program tambahan bagi program inti agar memiliki fungsi yang lebih luas (Mirip dengan add-in). Contohnya : Plugg-in dalam program winamp yang mampu membuat efek suara yang berbeda.
REGISTRATION
Biasanya pada saat membeli suatu software anda akan diminta melakukan registrasi, dimana mereka akan mencatat data-data pribadi anda. Memang dengan demikian anda mungkin akan mendapat dukungan bila menghadapi maslah dengan program tersebut, namun berhati-hatilah agar data-data pribadi anda tidak jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab.
REGISTRY
Ini merupakan bank data pada Windows yang berisi semua informasi mengenai hardware, software, driver serta konfigurasi dari pengguna. Bila anda berniat merubah registry, sebaiknya anda melakukan backup terlebih dahulu, karena hal ini dapat menyebabkan windows tidak dapat dibuka.
SCROLL
Fungsi ini memungkinkan anda untuk mengubah posisi tampilan pada jendela kerja anda. Untuk melakukanya gunakan tombol pada bagian pojok kanan/bawah dari jendela program anda. Contoh : Gunakan fungsi scroll pada Windows Explorer untuk dapat melihat daftar file yang panjang.
SHORTCUT
Disebut juga Hotkey. Sebuah shortcut biasanya merupakan kombinasi dari beberapa tombol. Shortcut memungkinkan anda melakukan pekerjaan dengan lebih cepat.
SUPPORT
Bila anda mengalami masalah dengan program yang sedang anda gunakan, maka anda dapat menghubungi pembuat software tersebut untuk mendapatkan bantuan (Support). Umumya support diberikan secara gratis bagi pengguna yang terdaftar (registerd) dan dilakukan dengan bentuk e-mail atau telepon.
TOOL
Kata ini dapat diartikan secara khusus, secara umum berarti program atau alat bantu bekerja. Diantaranya yang termasuk tool ialah Macro, Plug-in, add-in, dan juga beberapa command yang dapat mempermudah pekerjaan.
UPDATE
Karena program terus-menerus mengalami perkembangan dan perbaikan maka dikeluarkanlah update. update memungkinkan anda untuk meningkatkan kemampuan program yang anda gunakan menjadi seperti versi terbaru, tanpa harus membeli versi full yang terbaru (tentunya akan lebih mahal).
VIRUS
Sebuah virus merupsksn sebuah program. Bila sebuah virus dijalankan, ia akan merusak file lain atau bahkan keseluruhan sistem operasi. Maka dari itu sebaiknya gunakan anti virus yang dapat di andalkan untuk menjaga kemungkinan terserang virus.
WORM
Atau biasa disebut Internet worm. Worm merupakan file yang ukurannya dapat membesar sehingga memenuhi jalur-jalur internet. Selain itu sebuah worm juga dapat merusak file.
ZIP
Kumpulan file yang kemudian dipadatkan menjadi satu file itulah zip-file. Membuat dan membuka sebuah file zip memerlukan suatu program khusus. Salah satu program yang populer ialah WinZip. Dengan melekukan zip anda dapat menghemat band-with dan tempat pada disk anda karena ukurannya yang padat dan efisien.
The Vanmovic
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis

2 komentar:

id-blackroses mengatakan...

Nice Info>>>>

Unknown mengatakan...

Mantap, pengen cari kerja IT silahkan ke http://www.findgeek.com, disini banyak informasi lowongan kerja IT.

Posting Komentar