Senin, 31 Mei 2010

Makanan yang harus dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi


Secara umum, untuk tekanan darah yang sehat, kurangi
garam, kafein, tepung putih, alkohol, makanan yang digoreng dengan minyak banyak, nikotin, zat pengawet, gula, pewarna dan flavoring buatan. Berikut, makanan yang harus dihindari:

Garam
Sodium sejak lama diimplikasikan dengan penyakit kronik seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan osteoporosis. Selain itu studi-studi terkini menunjukkan peningkatan intake garam proporsional dengan peningkatan kanker perut, esophagus,dan kanker kandung kemih.

Kopi
Bagi orang-orang yang tidak mengkonsumsi kafein secara teratur, kafein menyebabkan tekanan darah naik secara temporer tapi tajam. Para ahli belum menemukan apa persisnya penyebabnya. Sebagian periset menduga, kafein menyempitkan pembuluh darah dengan menghambat efek adenosine, sejenis hormon yang membantu pembuluh darah melebar. Kafein juga menstimulir kelenjar adrenalin untuk melepaskan lebih banyak cartisol dan adrenaline, yang menyebabkan tekanan darah naik.

Gula yang dihaluskan
Rata-rata Amerika mengkonsumsi hampir 240 pon gula per tahun. Kebanyakan gula yang berlebihan ini disimpan sebagai lemak di dalam badan, menyebabkan kenaikan berat badan, resiko penyakit jantung dan kanker meningkat. Gula membuat tekanan darah naik, terutama pada orang-orang yang kelebihan berat badan.

Alkohol
Beberapa studi menemukan, minum alkohol dengan jumlah berlebihan dapat menaikkan tekanan darah sampai batas tak sehat. Selain itu, alkohol juga mengandung kalori yang dapat menaikkan berat badan yang tak diinginkan. Yang lebih buruk lagi, alkohol dapat menghambat keefektifan dan meningkatkan resiko beberapa jenis obat tekanan darah.

Ganti dengan bumbu dapur dan rempah
Pilihan terbaik adalah fennel, bawang putih, jahe, oregano, merica hitam, basil, terragon, yang semuanya mengandung ingredient aktif yang berkhasiat untuk hipertensi. Opsi lainnya, vinegar.

Ganti dengan teh hijau
Studi-studi ilmiah menunjukkan, teh hijau dapat membalikkan beberapa faktor resiko yang terkait dengan penyakit jantung, antara lain tekanan darah tinggi dan penggumpalan darah abnormal. Kebanyakan riset penggunaan teh hijau dilakukan di Jepang, dimana pria dan wanita mendapatkan intake tinggi teh hijau dan juga kasus penyakit jantung terendah di dunia.

Ganti dengan madu
Madu mengandung vitamin-vitamin dan mineral-mineral yang tidak dikandung didalam gula meja yang dihaluskan sehingga madu jauh lebih sehat. Daripada gula yang dihaluskan, lebih baik pilih buah dan berry segar.

Ganti dengan minuman non-alkoholik
Air filter diberi perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis jauh lebih baik untuk kesehatan jangka panjang.


Sumber : http://www.anekatips.web.id/2010/02/makanan-yang-harus-dihindari-oleh.html
The Vanmovic
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis

0 komentar:

Poskan Komentar