Selasa, 11 Mei 2010

Disk Clean Up


Menu Disk Cleanup yang kita jumpai pada Windows dapat membantu kita dalam membersihkan hard disk kita dari file-file yang sebenarnya tidak kita perlukan, kita juga bisa menghapus permanen file-file yang tidak kita perlukan, seperti:
- File yang masih tersimpan di Recycle Bin
- File-file sementara (temporary)
- Chaced halaman web yang tidak kita perlukan
- File-file download yang tersimpan sementara di dalam hard disk.

Ketika kita menjalankan Disk Cleanup sebagai bagian rutin dari "Maintenance Wizard", kita bisa mengatur tipe-tipe file yang akan kita hapus.

Bila kita menjalankan Disk Cleanup sebagai program tersendiri, Disk Cleanup bisa membuat kita

menghitung ruang hard disk yang akan kita dapatkan dengan menghapus file-file yang tidak kita perlukan, juga bisa menampilkan deskripsi dan isi file-file tersebut. Kita juga bisa menghapus file komponen windows yang tidak kita perlukan seperti file tema desktop misalnya.

Disk Cleanup juga bisa digunakan untuk meng-uninstall program yang ingin kita hapus.

Waktu untuk menjalankan Disk Cleanup
Sebagai bagian dari perawatan standar, Disk Cleanup sebaiknya kita jalankan dengan interval yang teratur, satu bulan sekali misalnya, pada saat komputer kita sedang tidak digunakan untuk menjalankan program lainnya.

Berikut ini bagaimana cara menjalankan Disk Cleanup
Klik "Start", tunjuk "Program", pilih "Accessories", masuk ke "System Tools" dan klik "Disk Cleanup". Pilih drive yang akan di scan dari menu drop-down, dan tunggu beberapa saat sementara program menghitung ruang disk yang ada untuk menjalankan program. Untuk menghapus file-file yang sudah tidak terpakai, klik tab "Disk Cleanup", centang kotak check yang di samping file yang ingin dihapus, klik "OK" dan kemudian klik "Yes".

Untuk menghapus komponen Windows, klik tab "More Options". Pada area "Windows Components", klik "Clean Up". Untuk melihat apa saja yang termasuk kedalam komponen windows, pilih komponen tersebut, kemudian klik "Details".

Untuk meng-uninstall sebuah program, klik tab "More Options". Pada area "Installed Program, klik "Clean Up". Pada tab "Install/Unisntall", klik program yang ingin kita hapus, kemudian klik "Add/remove". Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menghapus program tersebut.

Sumber : http://www.telkom.net/index.php?option=com_content&task=view&id=662&Itemid=41
The Vanmovic
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis

0 komentar:

Posting Komentar